Jumat, 02 Juni 2017

ARTI KATA BONEKA POKEMON

ARTI KATA POKEMON
Kata Pokemon dalam bhs Inggris adalah singkatan dari dua kata : yakni kata (Poke) yang disebut singkatan dari kata (Pocket), artinya ; Kantong/saku. Serta kata (Mon) yang disebut singkatan dari kata (Monster), artinya ; Monster. Jadi artinya adalah monster saku. Tujuannya adalah ungkapan begitu kecilnya monster-monster ini sampai bisa terwadahi oleh saku. Cek Disini

Mengenai nama Pikachu yang disebut tokoh termasyhur dalam kartun ini, juga terbentuk dari dua kata : (Pika) dalam bhs Jepang tunjukkan arti bercahaya. Sedang kata (Chu) adalah ungkapan mengenai beberapa nada yang keluar dari mulut tikus. Kenapa diberi nama Pikachu? Sebab (tokoh ini) memanglah memiliki bentuk seperti tikus yang bersenjatakan sengatan listrik.

Mengenai kalimat (Charmander) tunjukkan arti : api yang menyala/membakar. Di ambil dari kata bhs Inggris (Char). Sedang kata (Amander) yaitu satu kata yang memberi isyarat pada suatu binatang sejenis kadal yang mirip api menyala. Keteranggan ini dijelaskan oleh Atase Kebudayaan Jepang di Yordania ; Kuji Taharo, seperti yang ditulis oleh koran Yordania ar-Ra’yu pada edisi tanggal 4/4/2001.

Dari info ini, tampaklah kekeliruan orang yang berasumsi kalau arti Pokemon menurut bhs Suryani yaitu : “Saya Yahudi”, atau bebrapa arti lain yang seirama.

Majalah New York Times pada edisi tanggal 26 Maret 2001 mengatakan ungkapan juru bicara produsen kartun ini di Tokyo yang jati dirinya disembunyikan : “Bahwa ia memungkiri bila perusahaan memakai syi’ar-syi’ar keagamaan dalam produk-produknya”.

Koran Yordania “ad-Dustur” edisi hari Senin 8 Muharam 1422 H. juga mengatakan pernyataan sebagian Doktor pakar bhs Suryani di Kampus Yarmuk, demikian halnya pernyataan Instansi Sosial Suryani di Yordan, kalau kalimat Pokemon, Pikachu serta beberapa nama lain dalam kartun Pokemon, sekalipun tak ada hubungannya dengan bhs Suryani, bahkan juga beberapa nama itu asing untuk bhs Suryani. Hal sama juga ada asumsi kalau beberapa nama itu memakai bhs Jepang. Demikian halnya asumsi sebenarnya memakai bhs Ibrani.


ASAL-USUL POKEMON
Boneka kartun Pokemon datang dari ide seseorang lelaki Jepang bernama Satushi Tajiri. Ia adalah orang yang suka menyatukan binatang-binatang serangga. Lalu ia berkhayal kalau dunia bakal diserang oleh serangga-serangga ini serta oleh binatang-binatang aneh dari angkasa luar dalam jumlah yang begitu banyak serta lalu diketemukan oleh manusia. Selalu pada gilirannya binatang-binatang ini berkembang serta bertambah jadi lebih prima dengan keluarnya anggota-anggota badan yang baru.


Lalu satu perusahaan raksasa Jepang bernama Nintendo mengambil ide itu dengan menghasilkan mainan-mainan elektronik serta mengembangkannya jadi (kartun) monster-monster kecil ukuran saku yang (menurut ide mereka-pen) mempunyai kemampuan ajaib untuk bertempur. Lantas tersebarlah mainan-mainan ini dengan cara penting pada akhir th. sembilan beberapa puluh sampai kuasai semua penjuru dunia ; berbentuk mainan elektronik, film-film kartun, film-film hidup, komik-komik, jurnal-jurnal narasi serta (bahkan juga hingga) di bebrapa website internet. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar